Sunday, May 20, 2018

Ini Dia Penyebab Bau Mulut Orang yang Sedang Puasa di Useetv.com 20 Mei 2018

 


Bau mulut atau halitosis menjadi masalah utama Anda yang sedang berpuasa. Meski terkesan sepele, tak sedikit yang mengeluhkan bau mulut yang membandel. Untuk mengatasi bau mulut, Anda wajib mengenali dulu penyebabnya.

Pada dasarnya, penyebab bau mulut yang timbul kala berpuasa sama dengan bau mulut biasa yaitu kondisi gigi dan mulut yang kurang bersih. Akibatnya menurut Drg. Linus Boekitwetan, M.Kes, sisa-sisa makanan menumpuk di permukaan lidah, di antara gigi, dan gusi hingga menjadi tempat bagi bakteri untuk berkembang biak. Kondisi ini diperparah dengan produksi air liur yang berkurang selama berpuasa.

“Produksi air liur menjadi lebih sedikit pada waktu berpuasa karena tidak ada rangsangan dari makanan dan minuman yang dikonsumsi,” beri tahu pendiri Linus Boekitwetan Dental Care ini kepada Bintang, pekan lalu.

Padahal, air liur kaya manfaat dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Di antaranya, sebagai pembersih alami mulut dan mengandung enzim antibakteri. Alhasil, produksi air liur yang berkurang mendorong bakteri di mulut lebih aktif bekerja.

Bakteri yang patut diwaspadai adalah bakteri anaerob gram negatif. Mengutip pendapat Dr. Harold Katz dari The California Breath Clinics, bakteri jenis ini adalah patogen atau rentan menyebabkan penyakit. Salah satunya sebagai penyebab bau mulut akut.

Cara kerja bakteri ini pada mulut yaitu dengan mengonsumsi sisa makanan yang mengandung protein. Hidup di sela permukaan lidah, di belakang tenggorokan, dan di celah gigi, bakteri ini menghindari paparan oksigen sambil terus mengonsumsi partikel makanan.